Cerdas Memahami Hukum, Siapa Takut !

Senin, 22 November 2021, SMA N 2 Purbalingga mengadakan penyuluhan hukum yang bekerjasama dengan Kejati (Kejaksaan Tinggi ) Jawa Tengah dalam  program “Jaksa Masuk Sekolah”. Acara tersebut berlangsung di Aula SMA N 2 Purbalingga mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB dan dihadiri oleh 60 peserta, perwakilan dari siswa dan guru. Meskipun dihadiri oleh banyak peserta, namun dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari posisi tempat duduk diatur berjarak dan mengenakan masker.

Pembukaan acara, dilakukan oleh Bapak Joko Mulyanto, S. Pd, selaku Kepala Sekolah SMA N 2 Purbalingga. Sedangkan yang menjadi narasumber adalah Bapak M. Budi Setyadi, SH., MH yang merupakan Jaksa Madya dari Kejati Jawa Tengah. Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah agar generasi muda utamanya siswa SMA N 2 Purbalingga lebih memahami tentang penegakan hukum dan aturan-aturanya.

Tema yang diangkat dalam penyuluhan ini tentang pemaknaan generasi muda terhadap penegakan hukum. Kepedulian generasi muda terhadap penegakan hukum menurut Bapak Budi Setyadi, merupakan hal terpenting untuk menjamin keadilan dan kepastian hukum. Sebab generasi muda yang sekarang, nantinya akan meneruskan tongkat estafet dalam penegakan hukum di masa yang akan datang.

Acara penyuluhan hukum di Aula SMA N 2 Purbalingga diawali oleh Bapak Budi Setyadi dengan mengenalkan istilah dan lembaga-lembaga hukum yang ada disekitar kita. Selain itu ,dibahas juga beberapa contoh kasus  penegakan hukum yang terjadi dewasa ini secara menarik seperti mafia hukum Jaksa Pinangki, polemik hukuman mati untuk koruptor dan permendikbud Nomor 30 Tahun 2021 serta tidak ketinggalan dibahas juga tentang UU ITE dan solusi cerdas bersosial media.

Antusiasme ditunjukan oleh peserta dengan menyimak paparan materi dari Bapak M. Budi Setyadi, SH.,MH secara baik dan serius. Bahkan ketika masuk sesi tanya jawab, cukup banyak siswa yang berusaha untuk mengajukan pertanyannya kepada narasumber terkait materi-materi yang disampaikan.  Siswa yang beruntung karena bisa bertanya atau menjawab pertanyaan dari Bapak Budi Setyadi mendapat bingkisan doorprize yang menambah keseruan acara penyuluhan hukum tersebut.

Dengan terselenggaranya acara penyuluhan hukum dari Kejati Jawa Tengah dalam program “Jaksa Masuk Sekolah” diharapkan dapat mendorong kepedulian generasi muda dalam menyikapi perihal penegakan hukum. Selain itu juga, diharapkan generasi muda dapat lebih memahami tentang penegakan hukum sehingga memiliki sikap kehati-hatian dalam tindakan, termasuk dalam bersosial media. Generasi muda utamanya siswa SMA N 2 Purbalingga, juga diharapkan dapat bersikap kritis dan cerdas dalam memahami hukum sehingga dapat mendorong terlaksananya kepastian dan keterjaminan hukum yang seadil-adilnya di masa yang akan datang.

Writer : Ade Arifianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *