Prestasi Peserta Didik

Niels Bohr Junior

Mungkin tak semua orang mengenal Azzikri Selky Saefana Putra yang sekarang duduk dibangku kelas XII IPA  2. Tetapi ia adalah siswa berprestasi yang mewakili SMA Negeri 2 Purbalingga pada KSN 2021 tingkat SMA dibidang fisika.

Berbagai tahapan sudah dilalui oleh Azzikri yang sudah sampai ditingkat nasional yang membawa nama SMA Negeri 2 Purbalingga lebih dikenal oleh banyak orang.

Azzikri tergabung dalam tim atlet KSN SMA Negeri 2 Purbalingga sejak kelas 10 dibidang matematika, namun dialihkan ke bidang fisika. Selain waktu yang cukup lama, persiapan yang dilakukan oleh Azzikri bisa dibilang sangat matang, terbukti dari keberhasilannya yang lolos sampai ke tingkat nasional.

Persiapan yang dilakukan oleh Azzikri antara lain adalah latihan soal, mempelajari banyak materi, mengikuti try out, belajar dari media seperti youtube, buku dan arsip soal tahun tahun terdahulu, dan bimbingan dari guru maupun dari luar lingkungan sekolah.

Walaupun persiapannya sudah cukup matang, Azzikri tetap menemui berbagai kendala dan tantangan. “Tantangannya mungkin dari sisi materi yang cukup kompleks dan beberapa memerlukan konsep matematika yang tidak pernah diajarkan disekolah. Selain itu karena banyaknya pembimbingan juga berdampak pada kegitan pelajaran saya, yang mau tidak mau harus melakuan dispensasi. Sehingga, perlu accelerasi yang cepat untuk mengejar ketertinggalan materi, terlebih saya sudah kelas 12 dan sebentar lagi akan ada PAS.

Ia juga mengeluhkan karena adanya pandemi, kegiatan KSN hanya bisa dilakukan secara online sehingga ia tidak bisa mencoba bepergian keluar kota atau keluar pulau dimana KSN diselenggarakan. Terlepas dari semua kendala yang ada, Azzikri tetap mampu menyingkirkan peserta lain, memperoleh prestasi dan hasil terbaik untuk SMA Negeri 2 Purbalingga.

Writer : Rafa Alea